Mencegah Piston Bolong

Piston Bolong memang sangat jarang terjadi,apalagi untuk motor motor standar.Piston bolong bisa terjadi pada motor motor balap karena berbagai faktor,seperti menggunakan bahan bakar yang kualitasnya sangat buruk atau oplosan sehingga menyebabkan piston bolong karena pembakaran yang kurang sempurna,Makanya Bro jangan gunakan bensin oplosan ya.

Merawat Cat motor

Merawat Cat agar gak cepet burem atau butek bisa menggunakan wax atau pengkilap khusus cat,namun sobat jangan terlalu sering menggunakan wax karena bikin cepet cat cepet terkikis dan ujung ujungnya malah tambah butek.Untuk menjaga cat tetep mengkilap hendaknya kalo mencuci motor jangan menggunakan sabun,Cukup gunakan shampoo untuk rambut.

Cairan Pembersih Karburator

Cairan pembersih karburator sangat berguna bagi sobat yang males untuk membuka karburator,Namun cara ini tidak di sarankan karena belum tentu cocok dengan karburator atau malah bikin karburator berkarat dan selain itu juga malah bisa mengendap di karburator.Cairan pembersih Karburator ini emang sangat praktis sobat tinggal menyemprotkan cairan tersebut di karburator dan biarkan cairan tersebut bekerja,tapi ingat tentang konsekuensinya yang sudah di sebutkan di atas.

Merawat Laher Roda

Merawat Laher Roda emang jarang di lakukan bikers,soale kita kudu buka Ban dulu baru bisa membersihkan laher makanya banyak bikers yang males,Padahal Laher roda memiliki peranan penting untuk keselamatan bikers.Merawat Laher roda sebenarnya mudah dan bisa di lakukan oleh semua bikers,Sobat hanya perlu memberi sedikit gemuk ke laher roda supaya laher gak macet alias kering,ayo bersihkan sekarang daripada ntar keburu oblak khan biaya lagi Bro.

Membuat SIM Motor

Membuat Sim Motor kudu lewat calo,padahal peraturannya sangat jelas kalo Calo calo di larang untuk berada di lokasi pembuatan Sim,Namun kenyataannya calo calo masih tetap bergentayangan menunggu mangsa yang akan membuat Sim.Ini pengalaman saya sendiri waktu membuat Sim motor,baru aja turun dari angkot eh udah langsung di kerubutin ama calo calo yang menawarkan jasa membuat sim,Dan asal sobat tau kalo mengurus Sim lewat calo biayanya lebih mahal daripada harga resminya Tapi memang sich menggunakan jasa calo Sim lebih cepat selesai daripada ngurus sendiri yang kemungkinan sim gagal di peroleh,Hati hati ya bro.

Alat Untuk Mengukur Tinggi Lubang Buang

Bagi sobat bikers yang senang korek mengorek motor pasti tau kalo lubang buang memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tarikan mesin,Nah untuk mengukur tinggi lubang buang kudu cermat dan untuk itu sobat kudu punya suatu alat yang bernama sigmat atau jangka sorong yang bisa digunakan untuk mengukur diameter,kedalaman maupun lebar dengan cukup presisi,Alat ini bisa sobat peroleh di toko aksesoris motor dan lainnya.

Deteksi Kiprok Rusak

Kiprok rusak bisa di deteksi dengan meredupnya nyala lampu di dashboar motor,maksudnya pada saat Kunci kontak pada posisi On,lampu netral mati dan hidup apabila mesin di nyalakan,Silahkan ganti kiprok tersebut sesuai dengan aslinya dan jangan gunakan kiprok yang imitasi karena bisa menyebabkan kiprok tidak awet.

Bikers Penyelamat Lingkungan Hidup

Bikers sejati selain menaati peraturan lalu lintas juga kudu menyelamatkan lingkungan hidup dengan cara menanam pohon untuk penghijauan,membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya,Selain itu juga Bikers Sejati harus senantiasa merawat kekayaan alam yang ada sehingga kekayaan alam tersebut tidak rusak,Salah satunya menjaga satwa langka agar tidak punah.
Orangutan merupakan salah satu satwa langka yang populasinya hampir punah,Dan Oleh sebab itu kewajiban bagi sobat bikers atau kita semua untuk menjaga kelangsungan hidup bagi satwa langka tersebut,Caranya adalah dengan memelihara serta merawat orangutan tersebut dengan baik dan melindunginya dari orang orang yang ingin menyelundupkan Orangutan kemudian untuk di jual ke negara lain.Untuk informasi lebih lanjut tentang Orangutan,silahkan sobat bikers Klik DISINI Tulisan ini dibuat untuk mengikuti KontesBlog Sahabat OrangUtan.

Cara Membersihkan Knalpot

Knalpot berkerak atau jarang di bersihkan bisa membuat tenaga motor menjadi Ngedrop karena saluran pembuangan tidak lancar,makanya sobat bikers kudu sering membersihkan knalpot apalagi bagi pengguna motor dua tak yang menggunakan oli samping,pasti dech tuch knalpot banyak keraknya.Cara membersihkannya cukup dengan mengunakan sebatang besi untuk menyodok nyodok knalpot agar keraknya bisa rontok.

Kenapa Knalpot jadi kuning

Knalpot pada motor empat tak kelamaan bisa berubah warna kekuningan terutama di bagian leher knalpotnya,hal ini bisa di sebabkan oleh celah klep yang terlalu rapat sehingga menyebabkan mesin panas,makanya knalpot jadi berwarna kekuningan.Setel kembali klep tersebut sesuai standar yang di rekomendasikan supaya mesin tidak terlalu cepat panas,OKE Bro.

Cara Menyetel Rantai

Menyetel Rantai emang gampang gampang susah karena kalo sembarangan bisa menyebabkan Rantai putus,wah bahaya tuch Bro.Cara menyetel Rantai yang benar pertama sobat kudu mengendurkan baut penyetel Rantai di sebelah kiri dan kanan,setel baut tersebut secara perlahan dan putar roda untuk memastikan posisi rantai telah sesuai,kalo sudah kencangkan Mur penyetel rantai tersebut dan pastikan juga posisi untuk tanda penyetel rantai kudu sama antara kanan dan kiri agar as roda tetap lurus.

Cara Mengatasi Mesin Nembak

Dor,duerr,dorrr,Wah bunyi apa tuch ya,Walah ternyata itu bunyi mesin motorku.Mesin motor nembak kadang bikin panik padahal cara mengatasinya sangat mudah,Pertama sobat pinggirkan motor Terus Buka Busi dan periksa celah atau kerenggangan busi tersebut,apakah terlalu renggang atau terlalu rapat dan pastikan juga busi tidak berkerak karena bisa mengakibatkan motor nembak nembak,Selain Busi CDI juga bisa mengakibatkan motor menjadi nembak nembak.

Alat untuk menyekir Klep

Untuk menyekir Klep kudu pake alat yang bernama fuller gauge,alat ini mempunyai berbagai macam jenis dengan satuan milimeter,Sobat tinggal selipkan di celah klep dan jangan lupa sesuaikan ukuran klep motor sobat dengan standar yang di rekomendasikan,Ciri Kalo setelan klep yang benar adalah kalo puller gauge tersebut sudah seret atau berat untuk di tarik ulur.

Awas Motor Bodong

Puser Bodong eh Motor Bodong memang sangat merugikan bikers karena motor tersebut tidak dilengkapi dengan surat surat resmi atau bisa juga palsu,Nah untuk itu bagi sobat bikers yang mau beli motor,khususnya motor second kudu teliti dengan memeriksa kelengkapan dan keaslian surat suratnya dan pastikan juga nomor rangka dan nomor mesinnya sesuai,dengan demikian sobat bikers kaga bakalan di rugikan.

Ganti Rantai sekalian sama Girnya

Banyak Sobat Bikers keliru dalam mengganti Rantai motornya,karena di sarankan kalo ganti rantai jangan lupa kudu satu set sama gir depan belakang supaya rantai lebih awet dan tahan lama,dan kalo cuma ganti rantainya aja pasti gak lama minta ganti lagi,nah buang buang duit khan,mending sekalian ganti satu set biar awet.

Bersihkan Mika Lampu

Mika Lampu kotor atau udah lama gak di cuci bisa menyebabkan nyala lampu redup,Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan air sabun atau detergen agar mika kembali bening,kalo perlu rendam mika tersebut di air sabun atau detergen biar lama,baru kemudian di Lap sampe kering,Kini nyala lampu akan semakin terang benderang.

Jangan Mencopot Saringan Udara

Kebanyakan Bikers salah kaprah bahwa kalo mencopot saringan udara dapat menaikkan topspeed,Hal itu tidak lah bener sepenuhnya karena bisa mengakibatkan mesin panas dan cepet rusak.Dan untuk menghindari hal tersebut sebaiknya saringan udara di pasang kembali supaya mesin gak kepanasan dan juga untuk menghindari debu atau kotoran yang masuk ke karburator.

Membersihkan Kerak dengan Thinner

Pada postingan lalu telah di bahas bagaimana membersihkan kerak di seher dan kepala silinder,dan kali ini dengan menggunakan thinner untuk merontokkan kerak kerak yang menempel,oia Sobat bikers udah tau khan yang namanya thinner,Itu lho yang buat campuran Cat,pasti tw dunx Bro.Thinner cukup aman bila di gunakan untuk membersihkan kerak jika di bandingkan menggunakan amplas karena tidak menimbulkan baret pada kepala silinder.

Mengatasi Lampu Putus

Lampu putus dan apalagi saat sobat lagi asik jalan jalan di malam hari bersama kekasih tercinta,wah bisa berabe tuch Bro dan bisa jadi sasaran empuk Pak polisi karena gak ada lampunya.Untuk Mengatasinya pertama sobat harus memarkirkan motor di tempat aman dan buka Tudung Lampu,periksa semua kabel lampu untuk memastikan kalo ga ada yang copot atau longgar dan pastikan pula Bohlam masih Oke,dan jika semuanya Oke berarti sekeringnya putus dan silahkan ganti dengan yang baru dan sesuaikan amperenya.

Merawat Kabel SpeedoMeter

Kabel SpeedoMeter kudu di rawat agar jarumnya tidak ngaco,sobat bisa membersihkannya dengan menggunakan minyak dan gemuk,Oia sobat kudu melepas Roda depan dulu untuk melakukan bebersih speedometer baru deh keliatan gigi speedometernya dan bersihkan semua bagian tersebut dari kotoran dengan menggunakan Minyak dan kemudian kasih gemuk yang bagus untuk gigi speedometer tersebut.

Cara Mengakali CDI Rusak

CDI rusak sebenernya masih bisa di perbaiki dengan cara merebusnya di air mendidih sekitar setengah jam,namun cara ini hanya berguna untuk CDI yang Mati dan bukan di akibatkan dari korsleting.Untuk merebusnya Sobat bisa memanfaakan Panci untuk masak air dan setelah itu celupkan CDI dengan posisi kabel di pegang ama tangan sobat dan biarkan kira kira setengah jam,kemudian keringkan dan kini CDI sudah siap untuk di pakai lagi dan ingat juga bro cara ini hanya bersifat sementara,Ganti kalo sobat dah punya duit atau tunggu tanggal muda.

Deteksi CDI Rusak

CDI Rusak atau Koit di tandai dengan tidak adanya percikan api di busi,Untuk memeriksanya Sobat kudu melepaskan kabel pengapian dari CDI ke koil dan kemudian Tempelkan Kabel tersebut ke Body dan pastikan percikan apinya bener bener tidak ada,Kalo ada berarti CDI masih Sehat Bro.Silahkan Ganti CDI tersebut dengan yang Asli.

Cara Memanaskan Mesin

Memanaskan Mesin kudu di lakukan kalo mesin dalam keadaan dingin agar Oli melumasi semua bagian yang di lewati dengan baik,Namun terkadang sobat bikers tidak mengetahui bagaimana cara memanaskan mesin yang benar,Caranya adalah dengan selalu menggunakan Cuk yang berfungsi untuk memampatkan udara sehingga banyak bensin yang mengalir dan otomatis mesin akan mudah di hidupkan,Dan Selain itu juga sobat jangan menggeber geber mesin untuk memanaskan mesin karena dapat mengakibatkan rusaknya beberapa komponen mesin atau Cukup dengan putaran gas yang stasioner,Semoga Membantu.

Mesin standar Korek

Mesin standar korek tidak mengharuskan sobat bikers untuk membabat abis kepala dan silindernya serta penggantian komponen lain,Standar Korek disini adalah dengan cara membuang Sekat Sekat knalpot agar pembuangan lebih lancar atau rada Los,Selain itu juga di lakukan penyettingan pada spuyer karburator maka dapat membuat Motor sobat makin Ngacir.

Katalis Di Knalpot

Katalis di Knalpot motor berfungsi untuk mengurai atau menyaring gas beracun yang di hasilkan oleh pembakaran sehingga dapat mengurangi emisi dari gas buang tersebut,Katalis merupakan salah satu standar wajib yang harus di lakukan agar dapat mengurangi polusi dari sisa gas buang tersebut.

Berkendaralah Dengan Bijak

Banyak Bikers sekarang yang berkendara secara ugal ugalan alias ngebut,padahal hal itu sangat membahayakan dirinya maupun orang lain dan oleh sebab itu mari berkendara dengan bijak untuk menghindari kecelakaan di jalan demi keselamatan bersama.

Kenapa Busi Vespa Tidak di tengah

Kenapa ya Busi Vespa tidak berada persis di tengah kaya motor lain,Karena Busi Vespa sengaja di buat tidak di tengah agar pendinginannya bisa maksimal dan agar mudah di terpa angin dari ventilasi ventilasi yang ada.

Vespa Tinggal Kenangan

Saat ini pengguna Vespa sangat berkurang,mungkin di karenakan repotnya vespa kalo mogok atau kalo Bannya Kempes atau bisa juga karena Regulasi pelarangan motor Jenis Dua Tak,Maka tak heran untuk sekarang ini pengguna vespa semakin berkurang dan Semakin pula membuat Vespa Tinggal kenangan.

Kapasitas Oli vespa

Kapasitas Oli Girbok vespa tidak seperti motor lain,kapasitas vespa lumayan sedikit atau sekitar Enam Ratus CC,Mungkin ini karena Daleman Mesin vespa tidak terlalu banyak sehingga kapasitas Olinya Ikut Menyusut.

Awas Setang Vespa Mengunci

Kejadian ini pernah saya alami ketika hendak menikung koq setang vespa gak bisa di luruskan dan gedubrak saya terjatuh dari motor,Untung nya saya tidak dalam kondisi ngebut sehingga tidak mengalami cedera,Nah bagi sobat pemilik vespa khususnya keluaran tahun Enam Puluhan mesti hati hati karena setang ini mudah menunci sendiri.

Memperbaiki Pengisap Bensin Vespa

Pengisap Bensin vespa kemakan bisa di deteksi dari bensin yang banjir hingga ke knalpot motor,Untuk memperbaikinya sobat kudu turun mesin dan bawa blok mesin sobat ke tukang bubut untuk di perbaiki.

Cara merojok Spuyer Karburator

Merojok spuyer karburator di lakukan supaya suplai bensin tidak mengalami gangguan pada saat putaran mesin tinggi,Nah jika spuyer standar sudah tidak bisa untuk mengakomodasinya lagi mendingan sobat bikers merojok spuyer tersebut dengan menggunakan kawat tipis,Rojok spuyer sampe putaran atas tidak mengalami masalah.

Bikin Enteng Tarikan Kopling

Tarikan kopling enteng pasti bikin tangan sobat tidak pegel,coba kalo koplingnya keras walah bisa pergi ke tukang urut tuch.Biar kopling enteng silahkan sobat bikers melumasi kabel tersebut dengan menggunakan oli samping agar pelumasan lebih mudah karena Oli samping tidak terlalu kental,Selamat mencoba.

Pengganti Lem Paking

Lem paking bisa di ganti dengan menggunakan sabun colek,cara ini di lakukan jika sobat bikers kepepet alias lupa untuk membeli Lem paking,daya tahan sabun colek ini lumayan bagus karena sabun colek memiliki karakter yang kuat untuk merapatkan kepala silinder dan silindernya sehingga kompressi tidak bocor.

Ganti Stut kopling Vespa

Ciri Stut Kopling vespa minta di ganti adalah kalo di masukkin gigi pasti motor langsung mati,Untuk menggantinya memang rada repot sebab harus merebahkan vespa di lantai,Silahkan tutup keran bensin dan juga tutup tangki bensin dengan menggunakan plastik agar bensin tidak tumpah atau bisa juga menyedot bensin ke dalam dirigen supaya lebih aman dan kini sobat bisa langsung menggantinya dengan membuka Tiga buah Baut penutupnya,Selamat mencoba.

Ganti Sepul Platina Vespa

Ganti sepul platina harus di lakukan jika tidak ada api di busi maupun di koil,untuk menggantinya sobat harus membuka magnet dengan menggunakan Treker magnet dan awas jangan membukanya dengan cara menggetok magnetnya,Setelah kebuka langsung ganti sepul tersebut dan pasang kembali magnet,kini pengapian sudah kembali normal.

Membersihkan Tangki Bensin Vespa

Tangki Bensin vespa kudu wajib di bersihkan apalagi untuk vespa yang tidak di lengkapi dengan pompa oli seperti vespa super dan lainnya.Untuk membersihkan Tangki Bensin sobat kudu punya alat khusus untuk membuka Mur tangki yang berukuran lumayan gede,silahkan cari alat tersebut di bengkel khusus vespa.Bersihkan semua kotoran di tangki bensin dan juga di keran bensinnya sekalian agar aliran bahan bakar tidak tersumbat.

Pewangi Helm

BUkan Badan aja yang kudu wangi,Helm pun kudu di semprot pewangi supaya selalu harum dan nyaman di pakai karena kalo Bau apek membuat kita kaga betah untuk memakai helm tersebut.Saat ini sudah banyak tersedia di pasaran merk pewangi khusus helm,sobat tinggal memilih jenis harumnya sesuai indera penciuman sobat dan gunakan pewangi yang tidak merusak Rambut.

Pasang Karburator RxKing di vespa

Pasang karburator Rx king di vespa di lakukan untuk meningkatkan TopSpeed sehingga vespa dapat meraih kecepatan yang maksimal,Untuk memasang Karburator RxKing di vespa,Sobat tinggal memanfaatkan bekas dudukan karburator standar tanpa ada yang di rubah karena di toko variasi telah di jual adaptor untuk memasang karburator RxKing di Vespa.

Cara Bikin Vespa Bersiul

Bikin vespa bersiul bisa memanfaatkan pelat dari bekas nomor seri kemudian potong pelat tersebut hingga berbentuk huruf T dan tekuk plat tersebut sampe terdengar suara yang paling nyaring,Untuk Cara lain sobat bisa melubangi bagian bawah tutup magnet hingga berbentuk Kotak,silahkan sobat pilih cara yang paling mudah dan asik.

Cara Ganti Kampas rem belakang vespa

Ganti kampas rem belakang vespa caranya hampir sama dengan mengganti sil roda,Sobat bikers kudu merebahkan si semok untuk mengganti kampas rem dan jangan lupa bersihkan semua teromol dari debu atau kotoran dengan menggunakan kompressor atau sikat kawat,maka di jamin kampas rem baru akan lebih menggigit.

Cara Bikin Nungging Vespa

Vespa emang jenis motor yang gampang di buat nungging,caranya sobat bisa menambahkan baut sambungan sokbreker belakang hingga dua buah atau bisa juga dengan cara memotong per sokbreker depan beberapa ulir hingga motor terlihat nungging.

Cara Ganti Sil Roda Vespa

Sil roda rusak bisa terlihat dari menetesnya oli mesin di teromol roda,nah untuk itu bagi sobat yang mau pasang Sil roda sendiri langsung aja merebahkan si gembung tapi pertama sobat kudu menutup tangki bensin pake plastik dan menutup keran bensin agar karburator gak banjir,Oce dech Bro.

Pasang Spoiler di Vespa

Pasang Spoiler selain itu menambah penampilan juga bisa untuk menahan cipratan air,Spoiler bisa sobat pasang persis di bawah Dek dan kini sobat bisa tampil lebih gaya namun aman dari serbuan cipratan air.

Pasang Keranjang di Vespa super

Selain bagasi,Keranjang juga bisa di pasang di vespa super dan malahan lebih mudah daripada pasang Bagasi,Sobat tinggal memasang keranjang tersebut di bagian depan dan menempelkannya menggunakan baut yang sudah tersedia,Oia keranjang ini juga mudah untuk dilepas apabila sobat bosen menggunakanya.

Pasang Bagasi Depan Vespa Super

Vespa super standarnya tidak memiliki Bagasi depan seperti vespa PX atau Vespa Excel,Namu Sobat bisa memodifikasinya dengan memanfaatkan Bagasi Vespa Corsa,gunakan Bor untuk membuat dudukkannya,Oia mungkin sobat kudu menggerinda Bagasi Vespa Corsa Tersebut supaya Pas menempel di Vespa super.

Letak karburator vespa special

Vespa special adalah salah satu jenis vespa yang memiliki letak karburator persis di bawah jok,posisi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan,Kelebihannya karburator jadi aman kemasukan air dan kekurangannya rada repot kalo kita ingin membersihkannya karena posisinya yang di bawah Jok.

Pelek Banci Vespa

Pelek banci Vespa merupakan pelesetan atau istilah dari pelek vespa super atau tahun tua yang masih menggunakan pelek ukuran delapan inchi,Nah biar vespa rada tinggi atau nungging kebanyakan pelek roda belakang di ganti dengan ukuran Sepuluh inchi namun tetap menggunakan Teromol standar dan itulah kenapa di sebut dengan pelek Banci.

Membersihkan Kerak Knalpot Vespa

Kerak Knalpot di motor vespa kudu di bersihkan supaya bensin hemat dan aliran gas buang tidak tersendat,untuk membersihkan kerak di knalpot tersebut sobat kudu memanfaatkan jasa tukang las untuk merobek perut knalpot vespa,bersihkan semua kerak yang menempel di perut knalpot dan Rasakan tarikan mesin kini menjadi lebih enteng.

Bikers Sosial

Bikers sejati harus kudu punya jiwa sosial untuk menolong sesama bikers,Nah untuk itu sobat bikers bisa bergabung di komunitas komunitas bikers yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,Bravo BIkers.

Mencegah Jeruji pelek kendur

Jeruji Pelek kendur dapat mengakibatkan pelek goyang dan cukup berbahaya bagi sobat bikers,dan untuk itu sobat bisa mencegah jeruji kendur dengan cara mengikat jeruji tersebut dengan menggunakan insulock atau kabel Tis,Cara ini sangat bermanfaat jika sobat melakukan Turing atau Plesiran.

Deteksi Motor susah diajak nanjak

Motor susah di ajak nanjak bisa di akibatkan oleh kampas kopling yang sudah habis,silahkan sobat bikers ganti kampas tersebut dengan yang baru dan jangan lupa ganti ama sekalian olinya,abis itu coba lagi di tanjakan pasti sekarang enteng.

Cara menerobos Banjir

Menerobos Banjir supaya motor aman dari kemasukan air bisa di lakukan dengan menahan gas supaya tidak turun atau naik sehingga dengan cara ini air tidak akan masuk ke ruang bakar karena dari Gas konstan tersebut,Silahkan di praktekkan kalo jakarta banjir lagi.

Ganti Karet gir

Karet gir rusak atau koyak bisa mengakibatkan suara berisik apalagi saat melakukan perpindahan gigi pasti bunyi,Nah untuk menggantinya sobat kudu melepaskan roda belakang dan ganti karet gir tersebut dengan yang baru atau sobat bisa mengganjalnya dengan potongan ban dalam.

Deteksi Nyala lampu Redup

Nyala Lampu redup bisa di akibatkan oleh kurangnya massa pada bohlam tersebut atau kabel massanya kendur dan berkarat bisa menjadi penyebab nyala lampu redup,oleh sebab itu periksa kabel massa yang menempel di body dan semprotkan cairan anti karat untuk mencegah kabel massa berkarat.

Seni memapas Jok

Memapas Jok emang kerjaan Tukang Jok,namun bagi sobat yang ingin mencoba sendiri silahkan mempersiapkan alat alat untuk memapas jok,diantaranya gunakan parutan kepala eh kelapa,papas jok sesuai keinginan sobat bikers.

Cara Mengganti Minyak Rem

Mengganti Minyak Rem sangat mudah,Yang pertama Sobat kudu menyiapkan minyak Rem yang sesuai untuk Motor Sobat dan sediakan juga selang dan wadah menampung untuk minyak rem bekas,Setelah semuanya siap sobat langsung bisa mengeluarkan minyak rem lama dengan cara mengendurkan baut nipel pembuangan minyak rem,tampung minyak rem lama tersebut di wadah dan pastikan minyak rem tidak muncrat kemana mana untuk,untuk itu gunakan selang yang di sambung ke nipel tadi agar minyak rem tidak muncrat kemana mana,Langkah selanjutnya isi minyak rem trus kocok kocok handle rem untuk membuang angin palsu,dan terus ulangi langkah tadi sampe angin palsu bener bener keluar.

Cara Memperbaiki Suara Klakson Serak

Suara klakson serak emang kaga asik,soale kaga bisa di denger oleh pengendara lain.Untuk mengatasinya sobat bikers kudu memeriksa kondisi Aki,apakah strumnya berkurang dan lakukan penyetelan di baut penyetel kekencangan suara di klakson,setel suaranya yang menurut sobat sudah sesuai.

Hindari Menggunakan Bensin Eceran

Bensin Eceran bisa merusak mesin karena kualitas bensin eceran sangat rendah,Nah untuk sobat bikers hindari menggunakan bensin eceran jika tidak terlalu terpaksa dan belilah bensin di pom bensin resmi agar mesin bisa awet.

Membersihkan Tabung Oli samping

Membersihkan Tabung oli samping harus di lakukan minimal dua atau tiga bulan sekali,karena di khawatirkan kalo tidak sering di bersihkan dapat menyumbat sirkulasi oli samping dan tentu saja dapat membuat piston macet karena kurangnya suplai Oli,Silahkan bebersih tabung oli samping.

Copot Pompa Oli Samping

Kebanyakan Sobat bikers yang mencampur langsung oli samping ke dalam tangki bensin sementara Pompa oli nya di biarkan terpasang,Hal ini sangat merugikan sobat bikers sendiri karena harga pompa dan giginya lumayan mahal dan lebih baik di copot apabila tidak di gunakan atau sobat bikers mencampur langsung Oli samping ke tangki bensin.

Tips Sebelum Mengganti Karburator

Karburator merupakan komponen di sepeda motor yang jarang sekali mengalami kerusakan,namun seringnya sobat bikers menggunakan Kualitas bensin yang rendah atau bensin eceran mengakibatkan Karburator cepet rusak,Nah sebelum mengganti karburator pastikan kalo motor sobat sangat susah untuk langsam agar sobat tidak salah untuk melakukan penggantian karburator.

Tips Membuat Lampu Senja

Lampu Senja di sepeda motor sangat bermanfaat,namun sayang tidak semua jenis motor memiliki fasilitas penerangan yang satu ini,Namun Sobat bisa membuatnya dengan mudah dengan memanfaatkan sakelar tambahan dan juga bohlam tambahannya dan jangan lupa kabelnya sekalian untuk menyambung sakelar dengan strum lampu,silahkan Mencoba.

Kopling Banci

Kopling Banci merupakan sebutan bagi motor motor kopling tetapi masih menggunakan sentrifugal alias kalo handle kopling gak di pencet motor kaga mati,Artinya Kopling di motor jenis ini hanya sebagai pembantu akselerasi dan membuat mesin lebih responsif.Sobat bisa memodifikasinya menjadi kopling Bukan Banci dengan cara mencopot komponen Sentrifugal atau kopling otomatisnya kemudian menggantinya dengan komponen kopling Jedek atau bisa menggunakan Gir rantai kecil agar kopling nya tidak lagi otomatis.

Cara Buat Airbrush Menyala

Menggambar di body motor umumnya di buat oleh airbrusher atau tukang gambar,Namun bagaimana membuat gambar terlihat menyala kalo lagi jalan malem,Gampang Bro Pake aja Fosfor yang bisa di beli di toko kimia,tapi harganya lumayan mahal juga sich atau kalo gak mo repot tinggal beli aja cat fosfor di toko cat pasti ada.Silahkan sobat kreasikan atau bikin gambar kesukaan di body motor menggunakan Fosfor.

Membaca Kode Busi

Produsen Busi telah menentukan kode busi yang berupa huruf dan angka untuk memudahkan Sobat Bikers memilih Busi yang sesuai dengan motor sobat,Misalnya Kode Busi merk NGK tipe BP7HS10,bisa di gunakan pada motor jenis bebek dua tak.Namun Kode busi bukan merupakan suatu patokan karena harus di sesuaikan dengan kondisi lingkungan geographisnya,Artinya Kode busi yang di sebutkan di atas mungkin tidak cocok bagi sobat yang tinggal di daerah pegunungan yang sangat dingin karena Tipe Busi yang di sebutkan di atas hanya cocok di daerah yang lingkungan alamya Rada fuanas,seperti jakarta.Dan untuk mengatasinya sobat tinggal menurunkan Kode Busi di atas.

Tips mencampur Oli dengan Bensin

Bagi sebagian sobat bikers pemilik motor dua tak pasti jarang ada yang menggunakan pompa oli,kebanyakan sobat mencampur langsung oli samping dengan bensin tanpa memperhatikan jumlah takaran oli yang di anjurkan,Dan untuk mencampur Oli samping dengan bensin Jumlah takaran Oli samping adalah Dua puluh lima CC Sampe tiga puluh CC untuk Satu Liter Bensin,Jumlah ini untuk kecepatan standar dan jika sobat senang ngebut maka jumlah takaran olinya bisa di tambah menjadi Empat puluh CC untuk satu liter Bensin.

Pasang Lampu Dim

Pasang Lampu Dim sangat bermanfaat bagi sobat bikers,karena lampu dim bisa di jadikan sinyal kepada pengendara lain,Silahkan sobat pasang lampu Dim dengan memanfaatkan strum positif sakelar lampu dan sambungkan juga kabel ke lampu jauh sebagai Dim.

Cara Setel Platina Vespa

Menyetel Platina Vespa sangat mudah untuk di lakukan karen untuk penyetelan motor jenis dua tak lebih gampang ketimbang motor empat tak,Silahkan sobat Setel platina tersebut dan pastikan mesin motor tidak nembak nembak,Ulangi penyetelan jika mesin di rasa masih kurang bagus.

Hindari menekan kopling saat tikungan

Pemilik motor kopling pasti sering menekan kopling saat melewati tikungan,sebenarnya itu berbahaya Bro,Karena kalo kita menekan atau menarik motor dapat membuat mesin malah ngeloyor alias nyelonong apalagi kalo sobat kurang sigap untuk mengerem wah bisa nyusruk Bro,Makanya jangan menekan kopling pada saat tikungan dan kurangi kecepatan demi keselamatan sobat sendiri.

Biografi Valentino Rossi

Valentino Rossi memang nama yang tak asing lagi khususnya untuk MotoGp mania,Juara dunia Delapan kali ini Lahir di Urbino,pada tanggal 16 februari 1979.Valentino Rossi memang di lahirkan sebagai pembalap sejati,karena ayahnya Graziano Rossi adalah merupakan Mantan pembalap di kelas 250CC Maka tak heran Darah pembalap sudah mengalir pada valentino Rossi.Banyak Prestasi gemilang di kancah balap sudah ia torehkan,dan terakhir menjadi juara Dunia MotoGp bersama Fiat Yamaha pada tahun 2008,Tahun ini ia juga menargetkan sebagai juara dunia untuk ke sembilan kalinya,Semoga saja.

Sepatu untuk aman

Banyak sobat bikers kalo naek motor pada pake sendal jepit,padahal itu sangat berbahaya apalagi kalo nasib kita lagi sial,entah itu keinjak ban motor orang atau mungkin hal lain,Nah untuk itu Bro kudu wajib pake sepatu demi keamanan sobat saat naek motor karena kalo sepatu khan lebih tertutup dan otomatis lebih aman daripada sobat pake sendal apalagi pake sendal jepit.

Hindari mencopot Sayap

Bagi sebagian sobat bikers memakai sayap merupakan hal norak dan kurang gaul,eeeitt jangan salah Bro sayap itu berfungsi untuk membelah angin apalagi kalo sobat dalam keadaan ngebut pasti kaga bakalan melayang,coba kalo motor sobat kaga pake sayap pasti tuch motor kaya di tiup ama angin,Makanya Bro pasang lagi tuch sayap daripada di simpen ntar mubazir lagi.

Tips Motor buat turing

Motor buat turing harus kudu di persiapkan dengan baik,karena kalo tidak bisa bikin repot Bro.Hal yang harus di lakukan sobat bikers adalah mengganti oli mesin,periksa semua sistem pengapian,servis mesin terlebih dahulu,bawa komponen cadangan,seperti busi dan kabel kopling dan sebagainya,Oia jangan lupa Kondisi fisik sobat bikers kudu fit alias sehat selalu demi keselamatan berkendara,Semoga Bermanfaat.

Cara mendeteksi mesin ngempos

Mesin ngempos bisa di sebabkan oleh banyak hal,salah satunya adalah kondisi ring dan sehernya yang sudah mengalami kerusakan,Cara untuk mendeteksi jika mesin ngempos adalah dengan mencopot busi kemudian sela motor dan pastikan Lubang Busi di tutup dengan menggunakan tangan,Jika suaranya mantaf berarti kompresi masih bagus dan jika suaranya terdengar melempem maka bisa di pastikan inilah yang membuat mesin ngempos karena kompresinya bocor akibat keausan piston dan ringnya tadi,Selamat memperbaiki.

Tips Memilih Helm

Banyak jenis dan merk Helm yang di tawarkan,namun gimana cara memilihnya.Untuk itu pastikan Helm yang sobat beli mempunyai kualitas bahan yang bagus atau tidak mudah pecah,karena banyak helm yang terbentur sedikit aja retak atau pecah,Belilah Helm yang rada mahalan dikit demi keselamatan sobat bikers di perjalanan.

Cara membersihkan Kipas pendingin

Kipas pendingin di mesin sepeda motor harus sering di bersihkan karena Kipas ini berfungsi untuk mencegah atau mengusir panas berlebih di mesin,Untuk membersihkannya sobat bikers bisa menggunakan Kuas dengan bantuan minyak atau air sabun untuk membersihkan Kerak kerak yang menempel dan bersihkan sampe tuntas supaya mesin sobat kaga overheating alias kepanasan.

Cara Kerja Sistem Pengapian DC

Pengapian DC atau di sebut juga pengapian Searah mewajibkan kita untuk selalu merawat Aki,Karena dari Aki inilah Strum di hasilkan untuk pengapian searah.Memang sich efeknya tidak bakaln kerasa kalo aki kita soak atau kaga di pasang,tapi untuk jangka panjangnya bisa membuat mesin kaga bakalan mau hidup biar di sela atau di starter ribuan kali,Karena cara kerja sistem pengapian DC adalah dari sepul trus di salurkan Ke aki lalu ke CDI dan balik ke Aki lagi.

Cara menyetel putaran gas

Menyetel putaran gas supaya bener bener langsam sangat mudah sekali di lakukan oleh semua bikers,Tapi bagi yang belom tahu gimana cara nyetel putaran gas silahkan menuju karburator sobat karena di sanalah baut penyetel putaran gas bersemayam,Dan setel putaran gas dengan cara memutar sekreup atau baut penyetelnya dan pastikan suara mesin kaga kegedean atau kekecilan,Sedang sedang saja Bro.

Cara mendeteksi Pelek oleng

Pelek oleng sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan,apalagi jika melintasi tikungan wah bisa bisa sobat malah nyusruk nyium Aspal,Nah bagaimana caranya untuk mendeteksi pelek oleng dengan mudah,caranya dengan memukul atau mengetok jeruji pelek dengan menggunakan obeng satu persatu dan pastikan jeruji pelek tersebut mengeluarkan bunyi nyaring,Jika tidak atau suaranya rada mendem segera bawa ke tukang sayur eh ke tukang setel pelek untuk di perbaiki.

Hindari Gonta Ganti oli Mesin

Sobat bikers pasti sering mengganti oli mesinnya dari berbagai jenis merk,apalagi mengganti dari oli jenis mineral ke oli jenis sintetic,Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin karena semua jenis oli memiliki perbedaan bahan pembuatan jadi kalo sobat sering menggonta ganti merk atau jenisnya di khawatirkan membuat mesin motor sobat cepat rusak.

Cara Skir Klep

Cara skir klep harus di lakukan oleh sobat yang bener bener pengalaman dalam hal permesinan,khususnya mesin motor karena jika sobat tidak berpengalaman maka di khawatirkan malah membuat mesin rusak atau malah gak hidup,Cara skir klep yang benar adalah dengan memutar payung klep dengan gerakan searah dan gunakan ambril yang halus agar dudukan klep tidak ke makan,setelah beres cek klep tersebut dengan memasukkan bensin atau minyak dan pastikan bensin tadi tidak keluar.Selamat mencoba

Cara membersihkan Ban

Cara membersihkan Ban,khususnya Ban Sepeda motor sangat mudah dan sudah banyak variasi yang di jual khusus untuk membersihkan Ban motor sobat,Tapi kalo mo gampang pake sikat biasa aja dan gunakan sabun untuk membantu proses bebersih,di jamin dah Ban motor bakalan selalu mengkilap dan bisa buat ngaca lagi.

Cara Merawat mesin motor empat tak

Merawat motor empat tak lebih sulit di bandingkan dengan merawat mesin dua tak Karena dalam hal membersihkan Kerak kerak di ruang bakar Harus di lakukan oleh orang orang yang berpengalaman,tetapi sobat bisa merawatnya dengan cara melakukan penggantian Oli mesin secara teratur atau paling tidak sebulan sekali Oli harus di ganti supaya komponen mesin tetap awet dan menghindari juga dari oli oli lama yang mengendap di dalam mesin,Silahkan Sobat mencoba Tips ini.

Cara merawat mesin dua tak

Merawat mesin dua tak sangat mudah di lakukan oleh Bikers,Sobat hanya perlu Menambahkan Oli Samping jika kurang dan selain itu juga harus sering membersihkan karburator dan Kerak kerak di ruang bakar,Dengan cara ini di jamin motor Sobat bakalan awet sepanjang masa.

Cara Mengatasi Drat Baut Rusak

Cara mengatasi drat baut Rusak berguna jika sobat dalam kondisi darurat,misalnya Saat di perjalanan Tau tau Baut pengikat mesin atau Body Rusak,Untuk mengatasinya sobat tidak perlu pergi ke dukun,Sobat hanya perlu menyiapkan Plat untuk mengganjal baut tersebut agar tidak slek dan gimana kalo ga ada Plat,gampang Bro Getok aja baut yang rusak dengan palu atau tang dan Getok hanya di sekitar drat yang rusak aja,Ok Bro.

Cara Merawat Pelek Motor

Merawat Pelek motor dari Karat memang susah di lakukan karena untuk membukanya Sobat kudu Copot Roda dan Bannya,Nah kalo sobat mau melakukannya silahkan siapkan Sikat Kawat Kuas,cat anti karat atau Plinkut yang bisa di beli di toko bangunan.Setelah Pelek terlepas dari Ban,silahkan sobat langsung menyikat seluruh permukaan pelek sampe karatnya Rontok Kemudian Kuasin dengan menggunakan Plinkut permukaan yang abis di sikat tadi dan tunggu kering,Kalo udah pasang kembali pelek ke As Roda,selamat mencoba Bro.

Jenis Cuk Karburator

Jenis Cuk Karburator di semua jenis atau merk motor,yang pertama Jenis Butterfly atau jenis kupu kupu Dan Yang kedua jenis Plunger.Jenis Cuk butterfly biasanya terdapat di motor empat Tak dan harus di nonaktifkan bila mesin atau motor akan di jalankan karena bisa mbrebet dan sedikit ngedrop.Jenis Cuk Plunger biasanya di adopsi untuk mesin motor dua Tak,Jenis Cuk ini menggunakan Kabel karena sistem kerjanya Naik Turun dengan memanfaatkan gerakan piston di cuk ini.

Cara pasang DeltaBox

Cara Pasang DeltaBox,khususnya di motor Honda Tiger cukup mudah,Sobat tinggal membuka cover kecil persis di bawah Tangki Bensin kemudian pasang Deltabox di bekas dudukan Cover kecil tersebut,sedangkan Pengikat atau pegangan lainnya bisa memanfaatkan Dudukan Cover BOdy Samping dan Bisa juga Lewat Tutup Aki,Selamat Mencoba.

Warna Kabel Rem Untuk Semua Jenis Motor

Warna Kabel Rem untuk motor Yamaha adalah warna Hijau strip hitam,Dan Untuk motor Honda warna kabelnya Hijau strip Kuning,Sedangkan Untuk Kawasaki Warna kabelnya Biru,Dan Untuk Suzuki Warna Kabelnya Putih strip Hitam.Dengan mengetahui warna kabel kelistrikan sepeda motor di harapkan para sobat bikers bisa memperbaikinya jika ada kerusakan di sistem perkabelan sepeda motor.

Warna Kabel lampu jauh untuk semua Jenis Motor

Warna kabel positif lampu jauh berbeda untuk setiap merk sepeda motor,Untuk motor yamaha warna kabel positifnya warna kuning,Untuk motor Honda warna kabel positifnya warna biru,Untuk motor Suzuki warna kabel positifnya warna Kuning strip Putih,dan untuk motor kawasaki warna kabel poisitifnya adalah warna merah strip hitam.

Warna kabel Sein Untuk semua Jenis Motor

Warna Kabel sein di masing masing motor tentu berbeda,Nah untuk mengetahuinya silahkan lihat daftarnya,ayo bro.Untuk Motor yamaha warna kabel sein kiri warna coklat,Untuk motor Honda warna kabel sein kiri warna orange sedangkan sein kanan warna biru muda,Untuk motor kawasaki Warna kabel Sein Kiri warna hijau sedangkan sein kanan warnanya abu abu,OK Bro.

Warna Kabel Aki Semua Jenis Motor

Warna kabel aki untuk semua jenis motor Gak semuanya sama Bro,misalnya Yamaha untuk kabel positifnya Merah sedangkan Kabel negatifnya warna Hitam,Nah kalo di motor Honda bedanya cuma di negatifnya aja yang menggunakan kabel warna hijau.Dan Untuk lebih jelasnya Sobat Bikers bisa melihat daftar warna kabel aki untuk semua jenis motor.Yamaha Untuk positif nya warna Merah dan negatif warna Hitam,Honda Untuk positif nya warna Merah dan negatif warna hijau,Suzuki untuk positif warna merah dan negatif warna hitam strip putih,Kawasaki positifnya warna Putih Strip Merah dan negatifnya warna Hitam strip Kuning,OK Bro semoga paham.

Mengenal Bahan bahan Fiberglass

Kalo tadi kita udah ngebahas apa itu fiberglass,nah sekarang yang akan di bahas adalah nama atau bahan fiberglass itu sendiri,diantaranya adalah Resin,talk,Katalis,Mat,Mirror dan lain lain,Oia kesemua bahan bahan tersebut bisa sobat peroleh di toko toko Jamu eh Toko Kimia terdekat,sobat tinggal tanya aja ama penjualnya atau tinggal bilang Bos Mo beli bahan bahan Fiberglass nieh,OK Bro.

FiberGlass

FiberGlass adalah serat kaca yang dapat di gunakan untuk berbagai macam keperluan,termasuk untuk membuat Body Motor.Bahan jenis fiberglass mempunyai kualitas yang cukup bagus dan lumayan kuat,Selain itu mungkin harganya yang murah atau tergantung dari jenis bahannya sehingga banyak di manfaatkan untuk industri kerajinan,Mungkin serat kaca bukan bahan yang terbaik tetapi dengan anggaran yang di perlukan tidak terlalu mahal membuat bahan jenis ini semakin di minati oleh masyarakat.

Copot Footstep UnderBone

Footstep Underbone emaang bikin motor jadi gaya and sekaligus bikin bangga pemiliknya,Tapi ada bahayanya juga Bro kadang kalo ngerem suka slip apalagi kalo lagi hujan waduh bisa nubruk tuch saking Licinnya,mending sobat bikers balikin ke footstep standarnya aja biar senantiasa selamat sampe tujuan.

Tips Ganti Bohlam Lampu

Ganti Bohlam Lampu harus disesuaikan dengan daya yang di rekomendasikan,Nah kebanyakan Bikers asal beli bohlam lampu tanpa memikirkan daya atau watt bohlam tersebut,Hal itu tentu saja bisa mengakibatkan Bohlam lampu cepat putus bahkan bikin aki cepat soak apabila wattnya terlalu besar.Makanya Bro sebelum membeli sesuaikan watt bohlam standar dan watt bohlam yang baru dan di jamin deh ga bakalan putus tuch Bohlam.

Masalah Aki

Aki memang cukup penting dan untuk itu Sobat kudu selalu merawatnya,caranya dengan membersih Jamur atau kotoran di kepala aki,selalu memantau kondisi Airnya dan gunakan Air aki botol biru untuk menambahnya,Setrum Aki bila daya listriknya berkurang.Pasti deh Aki bakalan awet dan terhindar dari masalah aki soak dan sebagainya.

Tentang Silinder Diasil

Jenis Silinder Diasil di gunakan pada motor Yamaha,Oia Diasil itu singkatan dari Die alumunium silikon atau di sebut juga silinder yang mengandung bahan silikon,Teknologi Diasil juga di gunakan pada mobil mobil elit eropa,seperti mercy dan porsche.silinder Diasil di buat dari paduan alumunium dan partikel silikon,Makanya silinder ini sangat tahan terhadap gesekan karena Partikel silikon tadi.

Tips bikin Hemat Bahan Bakar

Menghemat bahan bakar dizaman seperti sekarang ini emang harus kita lakukan demi menyelamatkan Kantong kita,Bagi sobat bikers yang udah tau caranya pasti gampang dunx,Ok Bro langsung aja Yang pertama Sobat harus memeriksa sistem kabel pengapian karena kalo pengapian sobat bagus pasti motor bakalan irit,Cek semua soket soket nya jangan sampe ada yang kendur atau kabelnya terkelupas.Yang kedua bersihkan kerak yang menumpuk di knalpot motor sobat agar saluran buangnya berjalan lancar dan otomatis ikut memberi andil bahan bakar Irit dan jangan lupa Kerak di kepala sislinder ikut di bersihkan.Yang Ketiga Bersihkan karburator dari kotoran atau karat yang menempel di karburator dan ganti spuyer bila udah aus atau terkikis,Kemudian Setel ulang Karburator hingga langsamnya bener bener sempurna.Yang Keempat Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mesin karena dapat membuat Bensin terbuang percuma,Panaskan mesin seperlunya.OKe Bro demikian Tips sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Cara bikin awet Piston kaliper

Piston kaliper Rem harus sering di bersihkan supaya kinerja dari Rem bisa maksimal,apalagi kalo motor sobat sering kena hujan pasti dech banyak kotoran yang menempel.Cara membersihkan piston kaliper memang rada susah,namun mencoba lebih baik dari pada tidak sama sekali,Oke Bro langsung aja.Pertama copot roda terlebih dahulu kemudian lepaskan Kampas Rem dari dudukannya,Nah piston kaliper sudah terlihat dan untuk mengeluarkannya gunakan kompressor,setelah piston kaliper keluar bersihkan kotoran serta karat dengan menggunakan amplas halus dan gosok dengan hati hati,kalo sudah pasang kembali,gampang khan Bro.

Aprilia

Aprilia merupakan pabrikan motor asal Italia yang di miliki oleh Piaggio yang merupakan salah satu pabrikan terbesar di dunia.Aprilia didirikan oleh Alberto Beggio di Venesia,italia.Aprilia telah banyak menelurkan motor motor jenis sport.

Harley Davidson

Harley Davidson merupakan pabrikan motor asal Amerika Serikat,tepatnya di daerah Milwaukee,Wisconsin.Harley Davidson memang di khususkan untuk membuat motor motor besar yang harganya lumayan mahal apalagi untuk ukuran pengangguran seperti saya ini.Sampe sekarang Harley Davidson masih memproduksi motor besar.

Kawasaki

Kawasaki adalah salah satu dari sekian banyak pabrikan motor asal jepang,Dan didirikan pada tahun 1924.Kawasaki sendiri adalah salah satu kota di jepang dan terletak diantara Tokyo dan Yokohama atau tepatnya terletak di mulut sungai Tama.Saat ini kawasaki juga telah menelurkan berbagai jenis dan tipe motor.

Yamaha

Yamaha di dirikan oleh Torakusu Yamaha di hamamatsu,Jepang.Yamaha sendiri tidak hanya memproduksi sepeda motor tetapi juga memproduksi alat musik dan sebagainya.Saat ini penjualan sepeda motor khususnya di indonesia sangat meningkat tajam,mungkin hal ini didasari oleh kejayaan Yamaha di kancah balap internasional.

Suzuki

Suzuki adalah nama dari pabrikan motor asal jepang,Suzuki tidak hanya memproduksi kendaraan roda dua tetapi juga memproduksi kendaraan Roda empat,saat ini Suzuki telah mengeluarkan banyak Tipe untuk sepeda motornya.

Honda

Honda merupakan salah satu pabrikan terbesar asal Jepang,HOnda sendiri di ambil dari nama pendirinya yaitu Soichiro Honda yang di lahirkan di hamamatsu,Jepang.Motor Honda mulai di produksi pada tahun 1948 dengan prototype pertama yang di sebut Dream dan menjadi motto dari honda yaitu The Power of The Dream.Hingga sekarang Honda telah banyak memproduksi jenis sepeda motor.

Ducati

Ducati adalah nama pabrikan motor asal Bologna,Italia.Sejak tahun 1970 Ducati selalu memproduksi motor dari berbagai tipe mesin dan sasis.Di kancah balapan Internasional Motor Ducati telah banyak memenangkan kejuaraan dari mulai superbike hingga MotoGp pun sudah pernah di pegang Ducati,tidak salah memang untuk menyebut Ducati sebagai Raksasa Pabrikan motor dari Italia,Bravo Ducati.

Ciri Oli Palsu

Sekarang ini sudah banyak sparepart motor yang aspal dan Oli termasuk salah satu yang sering di palsukan,untuk melihat atau membedakan Oli palsu selain dari bentuk fisik nya sobat bisa mencium dari bau oli tersebut,biasanya oli palsu berbau seperti minyak sayur atau terkadang baunya malah seperti minyak jelantah atau minyak bekas goreng ikan.makanya sobat kudu hati hati dalam membeli Oli,baik itu oli mesin maupun Oli persneling.

Tips mengurangi emisi Gas Buang

Mengurangi emisi gas buang merupakan suatu langkah yang bijaksana karena kita dapat mendukung program untuk melindungi Bumi dari Polusi yang di hasilkan dari asap kendaraan,Nah Sobat bisa memanfaatkan kotak saringan udara untuk membantu agar proses pembakaran berlangsung dengan sempurna,oia koq kotak udara bisa mengurangi emisi gas buang,begini ceritanya Bro,Di blok mesin terdapat nipel untuk membantu sirkulasi udara atau dengan kata lain Nipel itu merupakan tempat mesin bernapas sehingga uap uap dari panas mesin bisa di buang melalui nipel tersebut,ngerti Khan Bro.Nah biasanya untuk motor jenis tertentu nipel tersebut di hubungkan melalui selang menuju udara bebas,dan untuk menjaga agar emisi gas buang tidak kemana mana maka saluran dari selang nipel tersebut di alihkan atau di sambungkan ke kotak saringan udara dan efeknya tentu saja gas gas beracun yang keluar dari proses pembakaran di mesin tidak keluar ke udara bebas tetapi masuk ke kotak saringan udara tersebut.

Tips meyimpan motor

Tips menyimpan motor dalam jangka waktu yang sangat lama di sarankan sebelum menyimpan motor sebaiknya motor tersebut di cuci dengan bersih kemudian di Lap sampe kering,Dan setelah itu copot Busi dari dudukannya kemudian masukkan sedikit oli ke silinder melalui lubang busi,hal ini untuk menjaga supaya Ring dan seher tidak macet sewaktu mesin nantinya akan di hidupkan dan pasang kembali Busi tersebut ke kepala silinder.

Cara mengatasi setang bergetar

Setang motor bergetar di akibatkan oleh karet karet pemegang setang sudah koyak,bisa juga dari Bandul di pemberat setang di copot atau bisa juga karena kualitas setang kurang bagus,Nah untuk yang satu ini sobat kudu memeriksa daleman setang apakah bahannya padat atau tidak,jika daleman setangnya melompong alias tembus pandang itulah yang menyebabkan setang bergetar,Untuk mengatasinya sobat perlu mengisi daleman setang yang melompong tersebut dengan adukan semen dan pasir,masukkan adukkan tersebut ke daleman setang hingga rata,oia adukkan ini berfungsi untuk meredam sekaligus untuk menahan getaran,selamat Mencoba.

Kelebihan Aki kering

Kelebihan Aki kering di bandingkan dengan Aki yang menggunakan Air adalah Aki kering tidak memerlukan perawatan dan tidak perlu untuk memantau kondisi air aki tersebut,sobat bisa memakainya sampe aki tersebut Jebol alias tidak bisa di pakai lagi untuk kelistrikan.

Deteksi Electric Starter Rusak

Pemilik motor jenis bebek memang di manjakan dengan keberadaan electric starter,Namun seiring penggunaanya dapat mengakibatkan electric starter rusak atau tidak berfungsi karena seringnya menggunakan Electric starter tersebut.Untuk mendeteksi kerusakannya Sobat bisa memencet tombol electric starter apakah ada bunyi cret cret cret atau bunyi cetak cetek lha,dan kalo bunyi tersebut ada berarti kerusakan pada arang dinamo starter,biasanya sudah Aus atau arangnya sudah tipis,Silahkan sobat ganti arang tersebut.

Tips seusai mengganti knalpot racing

Ganti knalpot racing selain berguna untuk menambah penampilan juga dapat menaikkan top speed mesin,karena knalpot jenis ini tidak memiliki sekat untuk mengatur gas buang.banyak Bikers yang tidak memperhatikan hal hal sepele seusai ganti knalpot racing,misalnya tidak mengganti ukuran spuyer atau menyetting karburator ulang karena knalpot racing memerlukan suplai bahan bakar yang sangat tinggi,dan apabila kekurangan suplai bahan bakar maka mengakibatkan mesin ngempos,mesin panas dan yang paling parah bisa mengakibatkan Ring dan sehernya ikutan Jebol.Untuk itulah setting kembali karburator Sobat untuk menghindari hal tersebut.

Tentang Busi Racing

Busi Racing di buat agar dapat menghasilkan api yang besar serta tahan terhadap suhu yang sangat tinggi.Untuk motor motor standar Busi racing tidak di sarankan karena mengakibatkan mesin panas,lain halnya kalo motor sobat sudah di korek.Busi ini biasanya di jual dengan harga yang lumayan mahal dari pada busi standar karena kelebihannya yang sudah di sebutkan diatas,dan kebanyakan busi ini berjenis Iridium yang tahan panas dan sangat bagus untuk pembakaran.

Kenapa Busi cepat Mati

Kalo kemarin saya telah memposting deteksi busi mati,nah kali ini saya akan mencoba menjelaskan kenapa busi motor cepat mati,Untuk Motor Dua Tak yang pertama adalah periksa kondisi pompa oli apakah masih berjalan dengan baik atau bagi sobat yang mencampur langsung Oli samping ke Tangki bensin takarannya harus sesuai,Dan yang kedua adalah periksa kondisi Sil magnet apakah tidak rusak,Oia Sil magnet ini berfungsi untuk menjaga agar Oli samping tidak ikut terbakar karena akibatnya busi akan cepat mati karena terkena Oli samping yang lolos dari Sil tersebut,Dan yang terakhir adalah jangan menggunakan Busi Aspal atau silahkan lihat di postingan sebelumnya tentang cara membedakan busi aspal.Nah kesemua yang di sebutkan di atas dapat menyebabkan Busi Motor cepat mati.

Cara mengatasi Drat Busi di kepala silinder Slek

Drat busi slek atau dol emang bikin pegel pemilik motor apalagi kalo motornya lagi mogok,walah bisa berabe tuch urusannya.Nah cara mengatasi drat busi di kepala silinder slek atau dol Sobat bisa langsung membawanya ke tukang Bubut untuk di Tap ulang dan pastikan sobat membawa Busi baru yang nantinya akan langsung di pasang di kepala silinder.

Tips membersihkan kerak di kepala silinder

Kerak di kepala silinder harus sering di bersihkan apalagi untuk motor jenis dua tak atau dua langkah.Kerak kerak ini sangat mengganggu kinerja mesin karena dapat membuat tarikan mesin menjadi berat bahkan yang lebih parah motor tetap hidup walaupun kunci kontak sudah di offkan,wah bisa di embat maling tuch.nah untuk membersihkan kerak di kepala silinder untuk motor dua tak caranya dengan membuka empat baut kepala silinder dan sobat bisa langsung mengerok kerak tersebut dengan menggunakan amplas yang sangat halus,gosok dengan arah searah supaya tidak menggores kepala silinder tersebut,setelah Rebes pasang kembali dan rasakan tarikan mesin,lebih enteng khan.

Tips membersihkan kolong mesin

Membersihkan kolong mesin merupakan bagian yang paling sulit karena posisinya yang susah di jangkau,Namun sobat bisa mengikuti cara yang sering di lakukan oleh tempat tempat pencucian motor,yaitu dengan mengganjal setang dengan alat semacam meja atau bangku kecil dan pastikan keran bensin pada posisi tertutup untuk menjaga karburator tidak banjir dan jangan lupa tutup bensin harus benar benar rapat agar bensin tidak tumpah kemana mana,Sobat bisa menggunakan Kuas yang di bikin dari Bambu untuk merontokkan semua kotoran yang keras dan membandel,Gunakan juga air yang di campur dengan sabun cuci agar pembersihan bisa maksimal,OK BRo selamat bebersih Ria.

Tips mencuci Karburator

Kalo sobat bikers lagi iseng silahkan untuk bebersih daleman karburator dari pada sobat Bengong,Untuk mencuci atau membersihkan karburator Sobat bisa menggunakan Bensin agar semua kotorannya ikut terangkat serta tidak mudah membuat Karburator karatan,Dan jangan gunakan air atau minyak tanah karena di khawatirkan dapat membuat Karburator berkarat dan bisa juga membuat kotoran nantinya akan mengendap di dalam karburator.

Tips membuat rangka motor aman dari karatan

Rangka atau sasis sangat sensitif bila terkena air yang mengandung garam atau asam,contohnya sobat bikers yang tinggal di sekitar daerah pantai atau laut tentu saja harus selalu mencuci dan mengelap motor bila terkena air asin dari laut tersebut.Air hujan dapat mengakibatkan Karat di rangka motor bila di biarkan terus atau tidak di cuci dengan air bersih,Makanya sobat bikers kudu sering mencuci motor bila abis kehujanan.

Cara memotong kepala silinder

Memotong kepala silinder atau cylinder head berguna untuk menaikkan kompressi sehingga bisa menaikkan Top Speed,namun banyak bikers yang kebablasan atau asal dalam memotong kepala silinder,akibatnya mesin cepat panas dan bahkan membuat seher jebol akibat kepentok kepala silinder.Untuk motor harian sebaiknya pemotongan tidak lebih dari Nol koma Lima Mili agar aman dan seher tidak mentok kepala silinder.

Apa itu Venturi

Venturi merupakan ruang sempit di karburator,fungsinya adalah untuk menyuplai campuran bensin dan udara agar masuk ke ruang bakar,Dan biasanya untuk kepentingan Balapan Venturi ini di perbesar dengan tujuan memperlancar aliran bahan bakar dan udara sehingga menghasilkan power mesin yang lebih baik.

Safety Riding

Safety riding wajib di lakukan sobat bikers demi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.gunakan semua atribut yang di anjurkan seperti memakai helm maupun menaati peraturan lalu lintas yang berlaku,dan dengan cara ini sobat bikers dapat berkendara dengan aman sampe tujuan.

Kelebihan CDI di Banding Platina

Kelebihan Cdi di bandingkan dengan platina adalah tidak perlu di lakukan penyetelan seperti Platina yang kudu rajin menyetelnya,kelebihan lain CDI adalah dapat memperpanjang umur Busi karena suplai listrik yang konstan,selain itu juga CDI menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna,demikianlah kelebihan CDI di banding Platina.

Cara buat Sokbreker depan ceper

Cara untuk membuat sokbreker depan ceper bisa di lakukan dengan cara menurunkan jepitan klem sokbreker,cara ini merupakan cara yang sederhana dan paling mudah di lakukan oleh Bikers mania,namun bila cepernya di rasa kurang sobat bikers bisa memotong ulir daleman sokbreker atau mengganjalnya dengan Ring tebal,silahkan mencoba.

Tips Hemat ganti kabel kopling

Ganti kabel kopling Ori emang rada mahal,mendingan sobat bikers menggantinya dengan kabel kopling vespa di jamin murah meriah tapi berfungsi dengan baik,seperti kabel aslinya.Sobat bikers cukup beli kabel kopling vespa dan jangan lupa sekalian ama nepelnya buat menjepit ujung kabel kopling,selamat mencoba.

Cara setel klep

Cara setel klep sebaiknya di lakukan oleh ahlinya,sebab kalo salah bisa mengakibatkan mesin kaga mau hidup atau bisa juga malah amburadul,tetapi kalo sobat bikers mau nyoba sendiri ya Gpp lagi.pertama sobat kudu membuka tutup setelan di blok mesin dan biasanya menggunakan Obeng Min gede,setelah tutupnya Kebuka sobat kudu memutar magnet pada posisi Top kompresi atau bisa di lihat dengan cara menarik ulur Kedua Pelatuk Klep dan pastikan keduanya bisa di goyangkan,Silahkan sobat menyetel klep dengan memutar batang penyetelnya sesuai ukuran standar motor sobat.

Menghilangkan bunyi Srok vespa

Bunyi srok pada vespa di akibatkan oleh Bos kuningan yang sudah Oblak,makanya bunyi tersebut muncul.Sobat bikers bisa mengakalinya dengan cara mematenkan bos tersebut dengan tatakan kopling,gunakan palu dan obeng min untuk mematenkannya.

Tps mengatasi banjir pada karburator

Karburator banjir di sebabkan oleh jarum dan pelampungnya sudah aus,coba periksa jarum pelampung tersebut apakah terdapat lingkaran,bila ada maka di pastikan jarum tersebut mengalami keausan atau sudah layak ganti.Untuk pelampungnya Sobat bikers bisa memeriksakan pelampung tersebut apakah sudah keras atau getas karena pelampung berfungsi untuk menutup atau membuka saluran bensin melalui jarum pelampungnya,Kalo ini sobat bikers bisa mengakalinya dengan cara mengganjal pelampung tersebut dengan plat tipis bekas minuman kaleng,kemudian selipkan Plat tersebut di dudukan jarum pelampung maka pelampung bisa bekerja kembali alias karburator engga banjir lagi,Selamat mencoba.

Tips mengatasi Lampu sein melotot

Lampu sein melotot malah bikin repot karena lampu sein merupakan sinyal ke pengendara lain pada saat kita mau belok,berabe khan kalo sein kaga bisa ngedip.Untuk mengatasinya sobat bisa mengganti kapasitor Flasher dengan yang baru,oia kapasitor berfungsi untuk menampung dan membagi arus listrik sehingga kalo rusak dapat menyebabkan strum Los,makanya sein melotot terus.

Apa yang di maksud dengan Oversize

Oversize adalah suatu cara untuk memperbesar diameter lubang silinder,di lakukan biasanya pada saat kita mengganti seher atau piston.Oversize harus di lakukan jika dinding seher atau silinder mengalami baret sehingga menghasilkan suara kasar pada mesin dan membuat mesin ngempos,kalo sudah begini silahkan sobat bawa silinder dan seher baru ke tukang bubut untuk di korter.

Pengertian Silencer

Silencer di sebut juga peredam suara knalpot,selain itu silencer merupakan saluran pembuangan asap knalpot yang di hasilkan dari pembakaran.silencer bisa juga menambah atau menaikkan top speed motor dengan cara memodifikasinya sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan power mesin yang optimal.

Bikin suara knalpot asik

Bagi sobat pemilik motor honda grand,pasti asik bin aneh kalo motor sobat mengeluarkan bunyi seriwingan atau bunyi suiiing.untuk membuatnya sobat cukup menyiapkan Duit logaman lalu getok uang logam tersebut ke ujung knalpot,ingat posisinya bukan menutup lubang knalpot,Ok Bro.

Cara buat Glitter murah

Glitter emang asik jika di lihat karena menimbulkan efek kerlap kerlip di Body motor,Cat glitter sudah tersedia di pasaran dari berbagai merk dan tentu saja harganya yang berbeda beda tiap merk.Nah bagi sobat bikers yang ingin membuat body motornya kerlap kerlip dengan biaya murah dapat memanfaatkan pecahan kaca,silahkan Sobat tumbuk sampe halus pecahan kaca tersebut lalu campurkan dengan pernis,kemudian semprotkan campuran tersebut secara merata di sekujur Body motor sobat dan beres dah.

Tips bikin empuk sokbreker depan

Sokbreker empuk emang bikin asik,namun gimana caranya ya agar empuk.Bikin sokbreker depan empuk bisa di lakukan dengan cara memperbesar lubang sirkulasi di dalam sokbreker atau lebih di kenal dengan lubang insuline,Gunakan Bor untuk memperbesar lubang insuline ini dengan hati hati,Tapi ingat Bro lubangnya jangan sampe kegedean malah ntar sokbrekernya jadi ambrol bin amblas atau serahkan saja pengerjaannya ke bengkel spesialis,Ok Bro.

Cara mencegah Kepala Baut Slek

Kepala baut slek memang menyebalkan akibatnya untuk membuka baut baut tersebut susahnya minta ampun,Nah untuk mencegah agar kepala baut tidak slek Sobat bikers kudu membiasakan membuka atau mengencangkan baut dengan menggunakan Kunci Ring dalam kondisi apapun,di jamin kepala baut ga bakalan slek atau kemakan.

Deteksi asap ngebul motor empat tak

Asap ngebul emang bikin bikers pusing,koq motor empat tak keluar asap dan dari mana asap tersebut berasal,Tapi tenang Bro asap tersebut kemungkinan berasal dari Ring seher yang sudah lemah sehingga Oli mesin jadi ikut terbakar,Kemungkinan yang lain bisa dari Sil klep yang sudah rusak atau koyak,silahkan sobat periksa komponen di atas.

Cara sederhana menaikkan Top Speed

Menaikkan Top speed tidak harus mengganti semua komponen dengan komponen kompetisi yang harganya bisa menguras kantong kita,Bagi sobat bikers bisa melakukan cara atau tips sederhana ini untuk menaikkan top speed di motor standar sobat Bikers,Caranya adalah menurunkan jumlah Gear rantai belakang menjadi dua atau tiga mata,misalnya jika motor sobat jumlah mata gearnya tiga tujuh dapat di turunkan menjadi tiga lima,silahkan coba.

Cara memasang stiker emboss

Stiker emboss atau sitker timbul emang asik unyuk di lihat apalagi untuk di pasang di body motor.Nah bagi sobat yang mau pasang stiker emboss di motornya cukup menempelkan stiker tersebut dan jangan lupa gunakan air sabun biar nanti kalo salah gampang di copot,ok silahkan nyoba Bro.

Cara pasang stiker

Cara pasang stiker memang susah susah gampang apalagi kalo ukurannya lumayan besar,sobat Bikers kudu hati hati memasangnya.Untuk memasang stiker sobat bisa menggunakan air sabun karena nantinya memudahkan untuk merubah atau meratakan stiker yang kita pasang.silahkan sobat mengguyur air sabun di Body motor yang akan di tempelkan stiker kesukaan Sobat Bikers.selamat mencoba.

Tips sederhana menurunkan kompressi tinggi

kompressi tinggi dapat mengakibatkan mesin panas dan cukup berisik,bahkan bisa mengakibatkan mesin jebol akibat dari kompressi yang terlalu tinggi.memang kompressi tinggi sangat wajib untuk motor balap untuk meningkatkan kecepatan,namun untuk motor motor standar sangat berbahaya.Untuk menurunkan kompressi tinggi Sobat Bikers bisa menambah paking kepala silinder sesuai dengan kebutuhan mesin.

Tips menghilangkan bunyi ngelitik

bunyi ngelitik emang bikin Geli eh bikin berisik suara mesin,oia bunyi ngelitik bisa di sebabkan oleh kualitas bensin yang jelek dan bisa juga kompressi yang terlalu tinggi,biasanya menyerang jenis motor dua tak khususnya Suzuki.dan untuk menghilangkan bunyi ngelitik ini Sobat bikers bisa menurunkan kompressi atau menggeser waktu pengapian,Jika sobat bikers kurang faham dengan mesin silahkan bawa ke tukang jahit eh maksudnya ke Bengkel gitchu Lho.

Tips memilih Pelek Racing

Memilih pelek racing harus di sesuaikan dengan diameter dan lebar dari Ban depan dan belakang,Selain itu Sobat Bikers kudu memeriksa Bos Lahernya karena sebagian pelek racing terutama yang berharga murah sering mengalami Bos lahernya Pecah atau retak,hal ini tentu saja sangat merugikan Bikers,makanya sebelum membeli teliti kondisi dari pelek reacing tersebut.

Cara deteksi mesin motor mati

Mesin motor mati bisa di sebabkan oleh sistem pengapian yang sudah tidak bekerja dengan baik,Baik itu komponen Sepul,CDI,Koil dan Busi.Untuk mendeteksi bila mesin motor sobat tiba tiba mati adalah dengan memeriksa kondisi Busi,caranya adalah Copot busi tersebut kemudian periksa apakah Apinya Bagus dan berwarna Biru,jika tidak maka silahkan sobat bikers mengganti Busi tersebut dengan yang baru.

Tips memilih sokbreker depan ayam jago

Sobat Bikers yang ingin memodifikasi sokbreker depan motor bebeknya menjadi ayam jago bisa memanfaatkan sokbreker dari honda GL pro yang memiliki diameter lebih besar dari jenis motor lain,dan tentu saja membuat tampilan motor bebek sobat menjadi lebih gagah.Sobat bikers bisa mencari sokbreker ini di pasar loak untuk menghemat biaya,karena kalo beli baru sangat mahal,Silahkan sobat cari di pusat onderdil onderdil loakan tapi ingat pilih yang kondisinya masih bagus dan masih layak pakai.

Tips mengganti daleman Karburator

Mengganti daleman karburator tidak harus menggunakan komponen asli yang harganya selangit,Sobat Bikers bisa membeli komponen repair kit untuk karburator dengan harga yang sangat murah,tinggal bilang aja ama si engkoh tipenya pasti ngarti.

Beda oli mesin sama oli persneling

Pada mesin motor dua langkah terdapat dua jenis oli,yang pertama Oli untuk melumasi gear gear persneling atau di sebut oli persneling dan Oli untuk melumasi seher dan teman temannya atau di sebut Oli mesin,Namun kadang kadang sobat bikers mengartikan semua jenis itu dengan satu sebutan,yaitu Oli mesin.Bener ga Bro

Tips mengakali busi mati

Busi mati kadang membuat kita jengkel apalagi kita ga bawa stok cadangan dan udah gitu bawa cewe lagi,waduh bisa tengsin nieh.Tapi tenang Bro busi mati itu bisa kita akali dengan cara memecahkan elektroda busi dengan menggunakan Tang dan di jamin mesin bakal hidup lagi,coba ya Bro.

Tips mengakali Kampas Rem

Tips mengakali kampas rem yang sudah tipis bisa menggunakan gergaji besi dengan cara membikin alur di kampas rem,maka otomatis Kampas Rem bisa mencengkram tromol dengan Baik,oia cara ini buat jenis rem yang menggunakan tromol dan jangan lupa untuk segera menggantinya kalo sobat udah gajian.

Tips Mengecat Blok Mesin

Tips menggecat Blok mesin dengan cat murah meriah bisa menghemat biaya karena sobat Bikers ga perlu beli cat khusus blok mesin yang harganya lumayan Mahal,Sobat bikers bisa menggunakan cat murah Merk Nippe asalkan perbandingan nya Pas antara campuran cat dan thinner,misalnya untuk seperempat kaleng cat sobat bisa mencampur setengah liter thinner kemudian aduk sampai rata dan usahakan jangan terlalu encer dan tambahkan Penguat untuk cat agar bisa bertahan lama.Selamat Mencoba Bro

Cara Membedakan Busi Palsu

Cara membedakan busi yang palsu dengan busi yang asli bisa di lihat dari bentuk fisik busi tersebut,Untuk Busi palsu kebanyakan Ringnya Rada gepeng dan Ulirnya tidak rata kemudian dari Body nya sudah agak kecoklatan,Selain dari ciri ciri tersebut mungkin dari perbedaan harganya sangat jauh,biasanya Busi Palsu di jual dengan harga yang relatif Murah di bandingkan dengan Busi asli.mak dari itu Sobat Bikers kudu hati hati dalam membeli Busi.

Sparepart Pengganti

Di zaman krisis kaya gini untuk mengganti sparepart original atau bawaan pabrik memang sangat memberatkan karena harga sparepart bawaan atau original di rasa masih cukup mahal,Dan untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kita coba untuk melirik Sparepart pengganti atau sparepart kanibal dari motor lain,selain harganya lebih murah tentu kualitasnya setara dengan sparepart bawaan pabrik.

Periksa tutup bensin

Bagi sobat pemilik motor pasti yang namanya Tutup Bensin sering tidak di perhatikan karena memang letaknya untuk motor motor jenis Bebek yang berada di bawah Jok.Selain berfungsi sebagai penutup tangki bensin,Tutup bensin juga berfungsi untuk memberikan udara atau hawa jika bensin di dalam tangki menguap,Oia tutup bensin mempunyai lubang yang sangat kecil dan inilah yang berfungsi sebagai ruang udara.Efek yang di timbulkan jika tutup bensin tersumbat adalah motor bisa Mati mendadak baru kemudian hidup lagi,oleh sebab itu selalu periksa kondisi tutup oli jangan sampe lubangnya tersumbat atau karatan dan jangan meletakkan apapun di atas tutup bensin karena bisa mengganggu aliran udaranya.

Tips Cara membuka Ban

cara membuka Ban yang benar adalah setelah ban di copot jangan lupa untuk membuang angin dengan membuka pentil agar Ban mudah di lepaskan,kemudian siapkan Kain atau apapun dan selipkan di antara Ban dan Pelek tersebut,Oia Kain ini berguna untuk melindungi Pelek dari penggunaan alat yang di gunakan untuk membuka Ban yang dapat mengakibatkan speeling pada pelek tersebut,Untuk pemasangannya perhatikan tanda panah dari Ban tersebut harus sesuai dengan arah putaran Roda.OK Bro selamat mencoba.

Gunakan Cuk saat mesin dingin

Cuk befungsi untuk menutup saluran udara agar suplai bensin lebih banyak yang masuk ke ruang bakar,pada saat mesin dingin pasti motor sobat agak susah untuk di hidupkan,untuk itu kudu di pancing dan gunakan lah Cuk agar motor sobat mudah untuk di starter.

Tips menghilangkan suara Tikus

Suara berdecit atau mirip suara Tikus ke gencet pintu bisa di akibatkan dari Bushing lengan ayun atau swing arm yang sudah aus,segera lakukan penggantian jika terdengar suara itu karena demi kenyamanan sobat berkendara.

Tips mengatasi Rumah kopling Oblak

Rumah kopling Oblak memang sangat menjengkelkan karena suaranya sangat menjengkelkan dan tarikan motor rada berkurang,Oia sekedar informasi rumah kopling Oblak di sebabkan oleh karet rumah kopling yang dusah rusak atau sudah koyak,sehingga menimbulkan jarak antara rumah kopling dan Gear primernya makanya timbul suara berisik.Untuk mengatasinya sobat bisa membawa perangkat rumah kopling tersebut ke tukang bubut dan bilang minta di patenkan agar tidak oblak lagi,mungkin cara ini membawa resiko Tarikan kopling menjadi keras tapi ini juga tergantung kelihaian si tukang bubut dalam memperbaikinya.

Tips membuka magnet

Kebiasaan Bengkel yang kadang menggunakan Palu dan obeng min untuk membuka Magnet jelas sangat merugikan pemilik motor,Nah bagi sobat yang ingin mencoba membuka magnet bisa menggunakan alat yang bernama Treker,Sobat tinggal menyesuaikan jenis motor jika ingin membeli treker magnet Dan Untuk membukanya sobat tinggal putar Drat yang ada di Treker ke dalam magnet dan simsalabim magnet sudah terlepas,Gampang khan.

Tips meluruskan Footstep bengkok

Meluruskan Footstep bengkok harus di lakukan dengan hati hati karena kalo tidak bukannya tambah bener tapi malah patah,cara meluruskannya sobat kudu menyiapkan sebuah Pipa berdiameter lebih besar dari footstep tersebut,kemudian tekan ke atas atau ke bawah tergantung kerusakannya,Beres dah.

Tips membaca warna Busi

Busi merupakan pemantik api yang berguna untuk membakar campuran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar,kondisi mesin yang sehat bisa di lihat dari warna busi,misalnya Busi dengan warna merah bata menandai bahwa kondisi mesin kita normal,Jika warna Busi Putih itu menandakan bahwa campuran bahan bakar terlalu miskin,sedangkan jika warna busi berwarna hitam menandakan kalo campuran bahan bakar terlalu kaya,demikianlah Tips membaca warna elektroda Busi.

Tips mengukur Lebar Pelek

Untuk mengukur atau mengetahui lebar pelek,sobat bisa menggunakan alat yang bernama jangka sorong atau sigmat,selipkan jangka sorong di area dalam dan bukan di area luar dari pelek.

Ganti Karbu vespa lawas dengan Vespa px

Vespa lawas alamak larinya bak keong bin siput,lambatnya minta ampyun.Biar vespa lawas larinya kenceng sobat bisa ganti karbunya pake punya vespa px di jaminlarinya bakal ngacir.cara pasangnya tinggal plek aja karena ga perlu dudukkan khusus.

Tips mendeteksi Laher komstir Oblak

Laher komstir Oblak bisa di deteksi dengan cara mengangkat roda belakang kemudian goyangkan ban depan maju mundur,dan bila oblak langsung bisa keliatan.Silahkan sobat mengganti laher atau pelor Komstir tersebut dengan yang baru.

Tips Ganti Rantai Keteng

Rantai keteng berfungsi untuk memaksa oli agar naik ke kepala silinder untuk melumasi nokken as dan temen temennya,Rantai keteng Aus bisa di deteksi dari suara mesin berisik alias bunyi kerrr,jika motor sobat mengalami hal demikian maka segeralah ganti Rantai keteng tersebut dengan yang baru,Jika sobat ingin melakukannya sendiri maka yang harus di perhatikan pada saat pasang Rantai keteng adalah harus perhatikan tanda di Body silinder harus sejajar dengan Gear rantai keteng,awas jangan sampe salah.

Tips bikin Awet motor

Motor awet adalah idaman semua pemilik motor,nah bagaimana caranya supaya motor selalu sehat walafiat,Yang pertama harus selalu periksa kondisi Motor apakah semuanya berfungsi dengan baik,jangan lupa periksa ketinggian air aki jangan sampai kurang,periksa juga Bagian Ban Depan dan Belakang apakah anginnya sesuai dengan rekomendasi pabrik,kemudian periksa kondisi Oli.setelah semuanya di lakukan di jamin Motor Sobat bakalan selalu sehat walafiat.

Tips Jika Karburator sedingin Salju

Bagi sobat pemilik motor 2 tak pasti pernah ngalamin karburator sedingin salju dan bingung koq bisa gini ya,tenang Bro hal itu bisa di atasi dengan mudah.Oia sekedar info karbu sedingin salju di sebabkan oleh bahan bakar yang gagal masuk ke ruang bakar atau di sebut juga arus balik makanya krbu jadi berembun alias sedingin salju,Nah cara mengatasinya adalah dengan mengganti kabel cuk dengan yang baru,selamat mencoba.

tips sebelum mengganti sokbreker depan

sokbreker depan mempunyai banyak fungsi salah satunya adalah mengenai kestabilan motor,jika motor sobat mengalami ketidakstabilan terutama di bagian depan,sudah saat nya sobat kudu memeriksa kondisi sokbreker beserta semua komponen yang ada di dalamnya,pertama sobat kudu melepas sokbreker dari dudukannya kemudian periksa As sokbreker tersebut apakah ada yang tergores atau penyok,jika ada segera ganti dengan yang baru.

Engine Brake

Engine brake is very very different with disk brake or another brake,Engine Brake its very hard because your machine will be make high vibration and you must be careful to do that.Engine Brake only for use if your have problem with your disk brake.

Tips mengganjal Plat Kopling

Jika motor sobat mengalami slip kopling bisa di akali dengan mengganjal plat kopling dengan selembar plat tipis,Tips sederhana ini di lakukan jika keadaan darurat atau sobat blm mempunyai dana untuk mengganti plat kopling.Langkah yang pertama sobat kudu menyiapkan sebuah plat tipis atau gunakan kaleng bekas oli,Lalu potong sesuai bentuk dari plat kopling motor sobat,setelah itu letakkan plat tipis tersebut diantara plat dan kampas kopling,kini kopling sobat tidak lagi slip karena pengaruh plat bikinan tadi.selamat mencoba

Bahayanya kaga pake helm

wah bro kemarin gw abis liat kecelakaan maut dan gw baru mikir manfaat helm ternyata sangat besar,sobat bisa bayangkan jika kepala di hajar metro mini,iih serem ahh,makanya Bro selalu gunakan helm kemanapun dikau pergi karena sangat berbahaya jika kita tidak menggunakan pengaman kepala itu,pake ya Bro.

Modif Honda CB Jadi Ducati monster

HOnda CB biar pun tua tapi masih banyak di gunakan sampe saat ini,Honda CB selain asik di bikin klasik juga mantaf di bikin motor gede ata moge seperti DUCATI MONSTER yang berharga puluhan bahkan ratusan juta rupiah,Dan dengan sedikit kreatifitas sobat bisa menyulap motor tua jadi motor OKe.

tips Ganti CDI Racing

Bagi sobat yang ingin mengganti CDI standar dengan CDI racing silahkan mengikuti tips di berikut ini,Oia sekedar mengingatkan CDI singkatan dari capasity Discharge Ignition,yaitu salah satu komponen penting dalam pengapian sepeda motor.CDI racing mampu menghasilkan pengapian yang sangat besar sehingga berpengaruh dalam hal kecepatan motor,Di pasaran telah banyak tersedia berbagai macam merk dan harga dari CDI racing,Sobat tinggal perlu menyesuaikan settingan di motor sobat

tips mengganti cakram disk

Motor yang menggunakan Rem cakram memang sangat baik daripada rem biasa karena rem cakram memiliki daya pengereman yang lebih baik dari pada rem biasa,namun seiring bertambahnya usia pemakaian mengakibatkan cakram atau disk sudah tidak mampu bekerja dengan baik.Cakram yang sudah rusak bisa di cek atau di lihat dari atas Kaca dan lihat kelurusannya,apabila melengkung segera di ganti baru atau bawa ke tukang bubut untuk di perbaiki demi keselamatan berkendara sobat.

Tips Ganti bohlam Lampu

Bohlam lampu memiliki peranan penting di sepeda motor khususnya di malam hari,Bisa sobat bayangkan kalo motor sobat gak punya bohlam atau sengaja gak dipasang,Tips mengganti bohlam lampu adalah sesuaikan dan samakan kapasitas daya yang ada pada motor sobat dan usahakan kapasitasnya jangan berlebihan atau jangan sampe kurang dari daya yang di rekomendasikan karena bisa mengakibatkan Bohlam Lampu cepet putus,contohnya bila bohlam sobat 35 watt dan di ganti 15 atau 55 watt maka di pastikan bohlam sobat akan cepet putus,ngerti khan.

Tips ganti Spuyer karburator

Spuyer karburator bertugas untuk menyemburkan bensin pada saat putaran rendah dan putaran tinggi,pada sepeda motor kebanyakan jumlah spuyernya hanya dua yaitu PilotJet dan MainJet,PilotJet betugas meyuplai bahan bakar saat putaran rendah dan menengah sedangkan MainJet bertugas menyuplai Bahan bakar saat putaran Tinggi,Nah jika motor sobat pada saat putaran rendah dan menengah mengalami gejala tersendat mungkin di sebabkan ukuran pilotJet yang terlalu kecil sedangkan kalo tersendat di putaran tinggi maka sobat tinggal mengganti MainJetnya,gampang khan.

Modif sokbreker jadi monoshock

halo bro kalo ente mo ganti sokbreker standar jadi monoshock silahkan pake punya satria tapi yang Ori ya Bro supaya stabil and Mantaf,Sobat bisa membuat dudukannya di tengah rangka belakang untuk atasnya dan di lengan ayun untuk dudukan bawahnya.Sobat hanya perlu menambahkan Plat setebal kurang lebih delapan mili di kedua dudukan tersebut dan atur derajatnya sesuai kebutuhan,OKe Bro silahkan Nyoba

tips mencegah baut kendur

Baut merupakan penyatu dari semua rangkaian di sepeda motor dan alangkah bahayanya bila baut itu kendur apalagi sampe copot,wah bisa bahaya tuch kalo baut pegangan mesinnya yang copot.nah untuk menghindari hal tersebut Bro harus memeriksa semua baut baut itu dan untuk mencegah baut tersebut kendur Sobat bisa mengecat baut tersebut dengan cat besi,tentu saja setelah baut tersebut di kencangkan barulah mengecatnya agar aman dan tidak copot,Oke Bro met nyoba.

tips ganti oli mesin

pada motor empat tak oli mesin bekerja lebih berat daripada oli motor dua tak karena pada motor empat tak oli mesin melumasi seluruh komponen yang ada pada mesin tersebut,oleh sebab itu oli mesin harus di ganti secara berkala atau minimal sebulan sekali harus sudah di ganti dan usahakan jangan sering gonta ganti merk oli karena masing masing merk oli mempunyai jenis bahan yang berbeda atau gunakan rekomendasi pabrik.

cara setting karburator

hallo bikers mania,pasti tau dunx yang namanya karburator,kalo udah tau sekarang saya akan coba berikan tips cara setting karburator,yang pertama Bro harus hidupkan mesin usahakan mesin dalam keadaan stasioner atau langsam trus putar mentok setelan angin ke kanan sampe abis and tahan Gas jangan sampe mesin mati lalu putar ke kiri trus putar hingga mesin mencapai raungan tertinggi dan itulah settingan yang oke,selamat mencoba

ciri ring piston jebol

bagi sobat pemilik motor empat tak,Ring seher jebol bisa di deteksi dari keluarnya asap dari knalpot,pada motor empat tak ring seher berfungsi untuk menahan oli mesin agar tidak ikut terbakar,sebenarnya asap knalpot bukan hanya di sebabkan oleh ring seher saja,namun kebanyakan di sebabkan oleh ring seher yang sudah aus sehingga tidak mampu untuk menahan oli yang berakibat oli ikut terbakar.jika motor sobat mengalami hal tersebut periksa dan ganti ring seher bila perlu dan sesuaikan ukuran ring seher tersebut dengan ukuran piston atau seher motor sobat.

tips ganti knalpot racing

sobat pasti tidak puas dengan knalpot standar bawaan pabrik dan bagi sobat yang ingin mengganti knalpot standar dengan knalpot racing bisa ikutin tips ini,yang pertama sobat harus sesuaikan jenis knalpot racing tersebut dengan motor sobat atau jangan asal beli knalpot racing,yang kedua sobat kudu menyetting ulang spuyer di karborator untuk mengimbangi dari knalpot racing tersebut, dan yang ketiga adalah sobat harus menambahkan glasswall atau biasa di gunakan di instalasi AC jika suara yang di hasilkan cukup mengganggu,demikian tips sederhana ini.

Tips melumasi rantai sepeda motor

melumasi atau merawat rantai sepeda motor kadang sangat jarang di perhatikan oleh pemilik motor padahal rantai merupakan komponen penting di sepeda motor,bisa sobat bayangkan jika rantai motor sobat tiba tiba putus wah berabe khan urusannya,untuk menghindari hal tersebut kita harus sering merawat rantai serta melumasinya secara berkala.Sekarang ini sudah banyak tersedia di pasaran untuk membersihkan rantai,Sobat tinggal menyemprot seluruh rantai secara merata dan hindari penggunaan oli bekas maupun oli baru untuk membersihkan rantai karena dapat membuat debu atau kotoran menempel di rantai,dan hal itu dapat memperpendek usia rantai.

Ganti saringan udara bila perlu

Saringan udara berfungsi untuk menyaring debu kotoran agar tidak masuk ke karburator,saringan udara ini sangat vital fungsinya apalagi di motor motor standar yang masih orsinil.Saringan udara ini sangat jarang di perhatikan karena letaknya yang tersembunyi dan ada juga yang sulit di jangkau untuk Tipe motor tertentu,Hal ini mengakibatkan saringan udara sobek atau usang yang mengakibatkan performa mesin motor sobat kurang optimal.Bila kondisi Saringan sudah rusak maka sobat perlu menggantinya dengan yang baru.Banyak jenis dan model di pasaran namun sebaiknya gunakan tipe saringan udara yang sesuai untuk motor anda karena jika sobat menggantinya dengan model lain di khawatirkan tenaga motor bakalan ngempos karena suplai udara yang berlebihan,maka sekali lagi ganti saringan udara bila perlu dan sesuaikan juga untuk motor sobat,Oke

Pengertian Tune up

Banyak pemilik kendaraan khususnya sepeda motor yang awam tentang pengertian tune up,Tune up bukan berarti mesin kita di modifikasi atau di korek,namun pengertian tune up di sini adalah mengembalikan kondisi mesin motor ke kondisi seperti semula atau standar,Tune up bisa di lakukan sendiri atau di bawa langsung ke bengkel untuk sobat yang kurang mengerti mesin motor.Tune up harus di lakukan jika performa mesin anda di rasa menurun atau udah ga enak di pakai,maka motor sobat harus di tune up untuk membersihkan semua kerak yang menempel di knalpot dan kepala silinder,Selamat mentune up motor anda.

Tips Merawat Aki

Bagi Sobat pemilik motor pasti sering kali malas untuk merawat aki,padahal aki juga merupakan komponen vital yang harus di rawat dengan baik,apalagi sepeda motor yang menganut sistem pengapian DC atau arus searah maka sangat penting bagi sobat untuk merawat aki dengan baik dan benar.Merawat aki sangat mudah dan bisa di lakukan oleh semua orang,sobat hanya cukup menambah Air aki bila kurang dan membersihkan kepala aki dari jamur atau kotoran dengan menggunakan amplas halus atau bisa juga menyetrum ulang apabila kondisi strum Aki tersebut kurang dari yang di tetapkan.
Selain cara di atas Sobat juga bisa merawat aki dengan cara tidak memakai aksesories yang berlebihan ,misalnya mengganti bohlam lampu standar dengan bohlam Halogen karena hal itu dapat mengurangi kapasitas strum di aki dan juga menyebabkan Aki cepat Soak,Sobat juga harus menghindari penggunaan Electric starter di kala mesin dingin karena bisa mengurangi daya strum di Aki tersebut,demikianlah tips sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Tips Mengganti Busi Racing

Salah satu komponen penting di kendaraan adalah Busi,tanpa Busi mustahil mesin bisa hidup.Banyak cara di lakukan oleh pemilik sepeda motor untuk menaikkan performa mesin,salah satunya dengan mengganti busi standar dengan busi racing,tujuannya untuk memperbesar percikan bunga api yang besar agar di peroleh kecepatan yang optimal pada sepeda motor.Banyak jenis Busi dari berbagai merk dan kualitas untuk semua jenis motor yang ada di pasaran,anda dapat memilihnya sesuai merk dan jenis sepeda motor anda.Sangat disarankan sebelum mengganti busi standar dengan busi racing sobat perlu menyesuaikan settingan lainnya agar mampu mengimbangi dari penggantian busi standar,misalnya memperbesar ukuran spuyer karburator dan lainnya,karena busi racing membutuhkan supplai bahan bakar yang cukup banyak untuk menambah power mesin.

Tips menyambung Body yang patah

Bagi sobat yang body motornya patah atau retak bisa menyambung kembali Body tersebut dengan menggunakan Lem Besi,Lem ini terdiri dari dua jenis warna yaitu warna hitam dan warna putih,Untuk menyambung kembali Body yang Patah or retak Sobat bisa mencampur kedua warna lem ini secara merata kemudian tempelkan ke Body yang Patah atau retak dan usahakan menggunakan solasi kertas sebagai pembatas biar ga beleber ke mana mana.Setelah Lem di rekatkan tunggulah hingga Lem benar benar kering dan kemudian gunakan silet atau sejenisnya untuk meratakan Lem,oia cara ini di lakukan di bagian dalam Body dan bukan diluarnya,selamat mencoba.

Jangan menggunakan Ban slick

Anak muda jaman sekarang memang memiliki kemauan dalam hal modifikasi motornya,hal ini di lakukan untuk menambah rasa percaya diri maupun hanya untuk sekedar gaya,salah satunbya adalah mengganti ban standar dengan Ban slick atau ban botak alias tanpa kembang,Hal ini jelas berbahaya bagi si pengendara motor karena Ban slick tidak dapat mencengkram aspal dengan baik kecuali Ban Slick yang di desain khusus untuk sirkuit dan memiliki kualitas kompon yang bagus,sangat di sarankan untuk tidak menggunakan ban slick untuk aktifitas sehari hari maupun hanya untuk mengejar tampilan karena Ban ini terlalu licin apalagi bila saat hujan,wah bisa ngesot tuch.

Tips menghilangkan Bunyi di roda depan Mio

Bagi sobat pemilik Mio pasti sering dech mendengar bunyi ngik di Roda depan,nah berikut ini Tips untuk menghilangkan Bunyi tersebut,pertama sobat harus memeriksa dengan benar apakah bunyi itu dari roda depan caranya adalah angkat Ban depan kemudian putar dengan tangan dan bila terdengar bunyi atau suara aneh maka di pastikan sumbernya dari Roda depan tersebut,Bunyi ini di akibatkan oleh Kampas rem yang kotor apalagi kalo abis kehujanan pasti berisik tuch motor,Sobat hanya perlu membersihkan Kampas Rem tersebut dengan menggunakan kompressor,Bersihkan semua komponen yang ada di sekitarnya skalian,Ok Bro selamat mencoba.

Ganti setang Rxking dengan Setang Ninja

Bagi sobat pemilik motor Rxking bisa mengganti setang standar kepunyaan sobat dengan setang kepunyaan ninja di jamin deh bakal lebih gaul bin gagah,setang ninja ini bisa di beli di toko aksesories khusus motor,pemasangannya sangat mudah,Sobat hanya perlu mencopot baut pegangan setang kemudian pasang dech setang ninjanya pokoke tinggal plek aja,oia kalo beli setang ninja jangan lupa skalian ama bandul peredamnya untuk menghindari getaran pada saat mesin berputar atau jalan,ok selamat bergaul Ria

Vespa pake Piston Rxking

Bagi sobat-sobat yang mo ngorek vespanya biar cepet bisa mengganti karbu standar dengan karbu punya Rxking di jamin dah larinya bakalan cepet secepet kilat,pertama sobat kudu ngerti cara bongkar pasang silinder blok atau kalo ga mo ribet serahin aja ke bengkel khusus vespa dan bilang mo ganti seher King nieh Bos,pasti yang punya bengkel ngarti.Oia kenapa mengganti seher nya pake Rxking,karena diameter piston or seher Rxking lebih gede daripada punya vespa dan otomatis kapasitas mesin bakalan naik,cara ini juga harus di ikuti dengan settingan laen sesuai kebutuhan mesin agar seimbang sesuai diameter piston.

Tips Menyegarkan Body Satria

Tips Untuk menyegarkan Body satria bila terlihat kusam atau ga enak untuk di lihat adalah dengan cara menyemprotkan pernis di seluruh Body Satria,pertama-tama sobat harus mengamplas seluruh body dengan gunakan air sabun,setelah rata bilas kembali dengan air bersih untuk membersihkan sabun yang masih menempel di Body kemudian jemur,setelah kering barulah sobat mulai menyemprotkan pernis di sekujur Body Satria,semprotkan dengan perlahan dan satu arah sampe rata.Oia pernis ini bisa sobat peroleh di toko cat dan bangunan,Setelah semua di lakukan pasti body satria anda sekarang lebih enak di lihat dan lebih mengkilap,cara ini bisa di terapkan di semua jenis motor khususnya suzuki satria.

Dress up your machine

Dress up your machine means you can change your machine with sparepart competition,with this the power will up and more faster from usually,you can change part of carburator for a good performance and then change the pistons and you will get more faster.you dont need change all component because just component what i said,you can change thats component by your self because its very easy and more simple or you can call mechanic to do that.
After Done You can test your machine on circuit,many people like competition to proof their machine is the best and they will get more money if winner of competition But I think this is more dangerous because you can fall if youre not experience and please do not try if youre not experience

Tips Bikin Kenceng Motor Standar

Tips untuk membikin kenceng motor standar adalah dengan cara menaikkan ukuran main jet karburator otomatis akan meningkatkan kecepatan motor,Hal ini di lakukan jika kita akan
menaikkan kecepatan motor,Selain dari merubah ukuran Main jet kita juga dapat membobok knalpot agar kecepatan motor lebih meningkat,Tips ini adalah cara yang sangat sederhana dan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal namun hasil lebih optimal di bandingkan bila mengganti suku cadang yang lebih bagus.

Kalangan Pengguna Sepeda motor

Sebagian Kalangan Pengguna Motor di Indonesia kebanyakan dari kalangan remaja sampai orang tua bahkan anak kecilpun sudah mahir dalam mengemudikan sepeda motor.pengguna sepeda motor di indonesia seakan di manjakan oleh pihak pabrikan dengan berbagai macam keunggulan yang di miliki masing-masing jenis atau merk sepeda motor.
Sepeda motor di indonesia kebanyakan produksi jepang karena jepang termasuk salah satu negara yang perkembangan teknologi terutama bidang otomotif sangat maju untuk kawasan Asia bahkan di dunia.Banyak merk motor jepang berkeliaran di seluruh dunia baik untuk sehari-hari hingga untuk Balap,maka tak heran jepang merupakan negara penghasil teknologi dalam bidang otomotif yang terbaik di dunia ini dan karena semakin banyaknya kalangan pengguna sepeda motor dengan merk jepang.Arigato Gozaimasu

Pasar Otomotif Sepeda motor

Di indonesia pangsa pasar sepeda motor sangat terbuka lebar karena jumlah penduduk indonesia yang sangat tinggi otomatis permintaan sepeda motor semakin meningkat,Entah sudah berapa merk yang sudah terdaftar di indonesia dan di situ bisa kita lihat animo masyarakat yang begitu besar terhadap sepeda motor.Pasar otomotif sepeda motor di indonesia tahun ini di perkirakan akan mengalami sedikit penurunan karena hal itu di sebabkan resesi krisis global yang mengakibatkan lesunya penjualan sepeda motor di indonesia.
Banyak Pabrikan yang mengurangi kapasitas produksi untuk menekan biaya pengeluaran bahkan ada yang sampai memPHK karyawannya dengan berbagai macam alasan,Industri otomotif memang merasakan dampak yang sangat besar dari Resesi ekonomi global dan bahkan sebagian sudah ada yang tutup atau merger.

Motor sebagai Industri Otomotif

Sebagai industri otomotif yang berkembang pesat,Sepeda Motor juga merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian warga karena sifatnya yang multi fungsi atau serba guna,banyak di antara warga jakarta yang memanfaatkan sepeda motor sebagai sarana untuk mencari nafkah dan juga untuk pergaulan anak muda mas kini,salah satunya bisa di lihat dari tumbuhnya berbagai komunitas pengguna motor,Banyak hal yang positif dari maraknya komunitas pengguna motor yaitu dapat mempererat tali persaudaraan dan juga dapat membina hubungan baik di antara Bikers.
Seorang Bikers sejati tidak hanya piawai mengemudikan sepeda motor tetapi juga dituntut untuk menjaga etika dalam berkendaraan di jalan serta mematuhi tata tertib yang berlaku.Seorang Bikers juga harus mempunyai jiwa solidaritas yang tinggi karena dengan memiliki jiwa tersebut maka secara otomatis dapat menolong sesama yang membutuhkan.Bravo Bikers

Motor Kendaraan Fleksible

MOtor Merupakan Sebuah Kendaraan Yang simple dan sangat fleksible untuk di gunakan di kota besar seperti jakarta ini,Coba sobat bayangkan kalo semua orang yang ada di indonesia menggunakan mobil,wah pasti jalanan bakalan ketutup ama mobil dech,Nah motor merupakan solusi jitu untuk menanggulangi kemacetan di Ibukota.
Motor sekarang ini sangat mudah di peroleh karena sekarang ini pabrikan motor berlomba untuk memberikan kemudahan bagi konsumennya sehingga masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan bisa mampu untuk memiliki sepeda motor.Motor juga merupakan sumber penghasilan bagi mereka yang mengais rezeki dari menjadi tukang ojek,loper koran dan masih banyak lagi kegunaan sepeda motor yang memang memiliki banyak kelebihan di banding kendaraan lain,oleh sebab itu tidak salah kalo kita memilih sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari.